Global Sports Berita Politik Reportase Fokus Info Rilis Pariwara Bisnis
Editor's

Tertibkan Pengguna Knalpot Bogar, Polsek Batui Razia Pelajar di Sekolah   |   Diduga 'Mebong' Campur Stres Mau Digugat Cerai, Pria di Bangkep Rusak Perabotan dan Dinding Rumah   |   Adu Kuat Honda CBR vs Mio Soul, Dua Pengendara Meninggal Ditempat   |  

Dukung Independensi jurnalisme yang tidak berpihak

Hasil Analisis BMKG soal Gempa M6,5 Tojo Una-Una Sulteng

Red : Saiful Yamin
Selasa, 27 Jul 2021 | 12:33:31 WITA

Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,5 mengguncang wilayah Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Senin (26/7/2021).

Berita Lainnya

Badan Meteorologi, Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa di wilayah Teluk Tomini merupakan gempa tektonik. Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan M6,5 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M6,3.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0,77° LS; 121,95° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 58 km arah Timur Laut Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 Km," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, Senin (26/7/2021).

Bambang menerangkan bahwa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi karena Sesar Lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan normal.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah daerah Ampana V-VI MMI (getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar), Luwuk, Poso, dan Morowali.

Kemudian, V MMI (getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun) Bolmong Selatan, Bolmong Timur, Kotamobagu, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Buol, Bone Bolango, dan Pohuwato.

Selanjutnya III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah) Tomohon, Manado, Ratahan, Bobong, Konawe Utara, Kolaka Utara, Masamba. lalu II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu) Mamuju Tengah, Polewali II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

 

 



Tentang Kami | Redaksi | Pedoman Media Siber
Jurnalisme Positif | Info Iklan | Ketentuan Khusus | Karir



DOWNLOAD APLIKASI
 

Copyright © 2018 CNA Daily
Allright Reserved